Cara Membuat Blog dan Memasukkan Blog kita pada Studentsite Gunadarma sebagai Tulisan (UG Portofolio

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog. Bagi sebagaian orang mungkin sudah hafal dan paham betul bagaimana cara membuat blog. Tapi ternyata masih banyak juga yang belum mengerti betul apa yang dimaksud dengan blog dan bagaimana cara membuatnya.

Apa sih blog?

Menurut hasil penelusuran saya diwikipedia yaitu Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Nah kalau menurut saya blog yaitu sebuah fasilitas web yang tampilannya mirip dengan web-web yang ada. Tetapi blog lebih mudah dibandingkan kita harus membangun web dari awal, seperti dalam mengatur blog dan memposting tulisan-tulisan kita.

Apa sih kegunaan blog?

Menurut saya kegunaan blog sangat banyak sekali, contohnya kita bisa mendapat banyak informasi tentang dunia teknologi, dan lainnya. Selain itu, melatih keterampilan kita dalam menuangkan ide-ide atau berita agar sesuatu yang kita buat menarik dan dapat dijadikan informasi bagi para pembacanya. Dan akhir-akhir ini banyak sekali para pengguna blog menjadikan blognya sebagai ladang bisnis dan usaha.

bagaimana sih cara membuat blog?

berikut ini saya akan membeberkan bagaimana cara membuat blog diblogger :

1. Daftar pada web blogger
2. Pada Home web blogger, klik "Buat Blog".



3. Isilah data-data anda pada form, Jika sudah klik "Lanjutkan".


4. Setelah itu, isikan judul blog anda dan alamat URL blog yang akan anda buat. Dan untuk mengecek ke validitasan alamat URL anda, klik "cek ketersediaan". Jika sudah "klik lanjutkan".


5. Lalu pilih theme yang terseia untuk blog kita. Jika sudah klik "Lanjutkan".


6. Dan blog anda sudah berhasil dibuat. Klik "Mulai Blogging" untuk memulai posting artikel anda. Sebelumnya jangan lupa untuk mengkonfirmasi blog anda terlebih dahulu, dari e-mail yang sudah anda daftarkan.


Bagaimana cara memposting sebuah tulisan pada blogger?

1. Tuliskan Judul blog anda pada kotak kosong yang sudah tersedia.
2. Lalu isikan artikel/ tulisan yang akan anda posting/publish.
3. Jika sudah, klik "Terbitkan Entri" untuk menampilkan tulisan tersebut diblog kita. Dan klik "Simpan Sekarang" untuk menyimpannya sebagai draft.



Dan terakhir saya akan menjelaskan bagaimana cara memasukkan tulisan/ blog kita pada studentsite Gunadarma.

1. Setelah artikel yang kita buat selesai dan kita publish. Maka dengan otomatis postingan kita akan muncul pada muka halaman paling depan diblog kita.
2. Dan klik judul postingan yang kita buat.
(Hal ini bertujuan agar link yang kita copy langsung tertuju pada judul postingan yang kita maksud)

3. Copy alamat URL yang tertera pada adress bar tersebut.


4. Lalu kita akses Studensite Gunadarma.
5. Setelah Log in, klik "Menu Layanan Studentsite" dan pilih "Tulisan (UG Portofolio).

6. Ketikkan Judul tulisan kita, lalu paste/salin alamat URL blog yang sebelumnya telah kita copy pada kotak URL. Jika sudah klik "Submit"



7. Jika sudah maka akan terlihat keterangan kapan kita masukan tulisan tersebut, apa judul blog kita beserta link URLnya.

8. Jika ingin meng-edit tulisan kita pada studentsite, seperti judul atau alamt URLnya. Maka klik "edit" yang terletak disebelah kanan keterangan. Jika sudah klik "Update"

9. Selesai

Semoga artikel ini berguna buat temen-temen khususnya mahasiswa-mahasiswi Gunadarma.


Category Article

3 Responses to “sebelumnya”

What's on Your Mind...

Pilih "Anonymous" jika tidak mempunyai akun.