Komentar

KLASTIC [Kamera pLASTIC]





Kali ini saya akan menuliskan gadget/hobi yang sedang digemari remaja terutama anak kuliahan seperti saya, yaitu Kamera. Tapi kali ini kamera yang akan saya jelaskan yaitu kamera plastik. Pernah mendengar kamera itu? Saya akan memberi sedikit informasi tentang kamera ini dan alasan saya mengulas kamera ini karena bersifat unik, original dan pokonya beda dari kamera yang sedang digemari anak remaja jaman sekarang, yaitu kamera SLR/DSLR.



Apa sih kamera plastik itu? yang selama ini saya ketahui tentang kamera tersrbut yaitu, kamera yang terbuat dari plastik. Ada yang bentuknya yang sederhana sampai yang bentuknya unik. kamera ini memakai film untuk penyimpanan gambarnya. Dan kamera ini mempunyai lensa-lensa yang berbeda dari yang mempunyai warna kecoklat-coklatan (hasilnya terlihat seperti foto jadul) sampai ada lensa fish eye yang bentuknya mirip dengan mata ikan dan hasil jepretannya sangat unik.

Dan dibawah ini adalah artikel tentang cikal bakal terbentuknya komunitas KLASTIC diIndonesia.

"HARI gini masih pakai kamera film, nggak ketinggalan jaman tuh! Kamera plastik lagi!" begitulah kira-kira olok-olokan yang diterima para penggemar kamera plastik dari beberapa orang.

Mendengar ledekan tersebut, Renaldy Fernando Kusuma hanya bisa tertawa, tak peduli. Renaldy percaya bahwa menggunakan kamera film itu justru bisa bebas berkreasi
,"Dengan kamera film ini kita bisa menambah efek-efek seperti kejadian penumpukan pada film atau menambahkan zat kimia,"kata Renaldy ketua Kaskus Plastic and Toycam Community (KLASTIC).

Untuk itulah dia tak tergerak hatinya menggunakan kamera digital yang kini menjadi trend. Renaldy tetap bersikukuh penggunaan kamera plastik justru lebih mengasyikan. Untuk itulah bersama teman-temannya mendirikan Klastic.

KLASTIC merupakan komunitas pengguna kamera plastik dan kamera mainan. Berdirinya komunitas ini berawal dari milis yang merteka bentuk tahun 2008, " Kita memiliki beberapa cabang di Indonesia contohnya seperti Jakarta Bandung, Solo, Yogya, Semarang, Malang, Palembang dan Batam, dari setiap cabang tersebut memiliki ratusan anggota."jelas Renaldy.

Menurut Renaldy, banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh komutasnya, mulai dari hunting bareng, diskusi materi fotografi hingga membuat pameran fotografi,"Saya ngga pernah menyangka ternyata banyak juga orang menyenangi kamera plastik ini,"kata Randy.

Randy mengatakan, "Ada suatu kebanggaan tersendiri jika kita bisa menciptakan gambar yang unik dengan kamera seadanya," ungkap Randy. Makanya mereka berusaha membuat hasil jepretannya semenarik mungkin. Dan, hasilnya memang tak kalah dengan kamera digital canggih.



Bagi anggota KLASTIC tidak ada rasa malu atau minder menggunakan kamera-kamera film karena menurut mereka, keadaan fisik tidaklah soal yang penting hasilnya. "Sebenarnya dengan kamera plastic dan mainan ini kita bisa bereksperimen untuk mendapatkan warna-warna yang unik,"jelas Eka salah satu anggota KLASIC.

Eka mulai menggunakan kamera plastik saat ini menemukan kamera peninggalan kakeknya dirumah dan pada saat itulah dia mulai jeprat-jepret, "Untuk mencintai fotografi nggak harus memiliki DSLR, lagian hasil foto kamera plastik itu memiliki efek jadul yang menarik."jelas Eka.
Hal senada juga disampaikan oleh Donny.



Menurutnya menggunakan kamera plastik ini lebih sederhana dibanding kamera DSLR karena tidak perlu memikirkan diafragma, speed atau pun lensa. Cukup menekan tombol shutter dan bermain angle aja, paling tekor di pembelian film aja," jelas Donny.

Bagi teman-teman KLASTIC, bukannya mereka tidak sanggup untuk membeli kamera DSLR, tapi keorisinilan gambar dan kreativitas adalah segala-galanya. Makanya tak heran hasil-hasil foto yang mereka buat sangat unik.



Walaupun saya belum punya kamera ini tapi saya tertarik sekali dengan kamera ini. Mudah-mudahan saya bisa mempunyai salah satu dari berbagai kamera plastik yang ada. Agar bisa menghasilkan karya-karya unik seperti dibawah ini :












Bagaimana setelah melihat hasil tersebut? menarik bukan? Semoga info ini berguna untuk pembaca sekalian. Teruslah berkarya dan ciptakanla ide-ide yang original untuk bangsa kita yang tercinta ini


Sumber gambar kamera : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2063872
Sumber gambar hasil jepretan : http://www.flickr.com/groups/klastic/pool/with/4259453708/



Category Article

5 Responses to “sebelumnya”

What's on Your Mind...

Pilih "Anonymous" jika tidak mempunyai akun.