Komentar

Egalitarianisme Wujud Profesionalisme PNS

Serdang Bedagai/fhery nababan  
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) diminta memberikan pelayanan secara egalitarian. Karena sikap egalitarian merupakan wujud profesionalisme PNS dalam pelayanan masyarakat dan pengabdian kepada bangsa dan negara. 
Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir HT Erry Nuradi MSi, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup Ir H Soekirman dihadapan seribuan PNS pada upacara hari Kesadaran Nasional (HKN), dihadir Sekdakab Drs H Haris Fadillah MSi, para asisten dan staf ahli bupati serta para Kepala SKPD, Senin (18/3).Lanjutnya, bahwa egalitarianisme dalam koridor profesionalisme dimaknai sebagai suatu pengabdian yang tidak pilih kasih terhadap seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik. 
“Dimana profesionalisme harus tetap dijunjung tinggi dalam kondisi apapun yang melingkupi PNS. Dengan mengedepankan profesionalisme diharapkan tidak ada pengabaian terhadap hak-hak masyarakat sipil yang membutuhkan bantuan dalam bentuk tata pemerintahan, tata kemasyarakatan dan tata pembangunan. Pelayanan publik ini harus tetap berjalan yang dilaksanakan secara konsisten, berkelanjutan dan terkordinasi,” sebut Soekirman. 
Menurutnya, profesionalisme bermula dari disiplin dan kinerja yang positif. Disiplin dalam lingkungan pekerjaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan, karena pekerjaan yang tidak dilaksanakan dengan disiplin menghasilkan pekerjaan yang tidak maksimal. 
“Disiplin itu pada akhirnya akan mampu meningkatkan kinerja, serta memberikan perfoma pelayanan publik yang prima. Sehingga menjadi suatu keharusan bagi PNS untuk tetap dalam konteks disiplin yang tinggi serta memberikan hasil kerja yang baik,” ungkapnya. 
Wabup juga mengingatkan para PNS bahwa upacara HKN diadakan pada hakekatnya sebagai perwujudan untuk mencapai tujuan nasional. Dimana PNS sebagai pilar terdepan untuk mencapai tujuan pembangunan nasional sehingga terhindar dari ancaman, tantangan, hambatan, gangguan.Terkait mengenai pelaksanaan pesta demokrasi Pilgubsu 2013, Soekirman mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh PNS dan segenap lapisan masyarakat di tanah bertuah negeri beradat ini yang telah berperan aktif dalam menciptakan suasana kondusif demi kelancarannya. Untuk itu kepada segenap masyarakat agar tidak lagi terkotak-kotak dalam kepentingan tertentu dan bersama-sama melaksanakan program-program pemerintah dalam pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan. 
Diakhir sambutan, Soekirman mengajak agar semua PNS melaksanakan tupoksi dengan sebaik-baiknya dan tetap melakukan sinkronisasi, dalam melaksanakan tugas agar tercapi visi dan misi Kabupaten Sergai.
Sumber : http://www.simantab.com/?p=2622

*Egalitarianisme (berasal dari bahasa Perancis ├ęgal yang berarti "sama"), adalah kecenderungan cara berpikir bahwa penikmatan atas kesetaraan dari beberapa macam premis umum misalkan bahwa seseorang harus diperlakukan dan mendapatkan perlakuan yang sama pada dimensi seperti agama, politik, ekonomi, sosial, atau budaya.

Opini saya :
Saya sangat setuju dengan pernyataan dari Wabup Sergai Ir H Soekirman, tentang profesionalisme bekerja dengan menekankan egalitarianisme kepada para PNS. Karena pada hakekatnya PNS itu memang dibayar oleh masyarakat untuk melayani masyarakat itu sendiri. Dan apabila egalitarianisme tumbuh pada diri seluruh PNS, maka sikap profesionalisme dalam bekerja akan tumbuh dengan sendirinya. Dan apabila seluruh PNS bekerja dengan profesional, maka seperti pelayanan masyarakat dan lainnya akan tercipta suasana yang kondusif dari segi pelayanan maupun hal-hal yang bersifat administratif.

Sikap profesionalisme menurut saya memang sangat penting dan sebisa mungkin ditanamkan pada lingkup kecil terlebih dahulu seperti keluarga dan anak-anak, yang sejatinya adalah penerus bangsa ini. Apabila tidak adanya sikap profesionalisme maka akan lahir sikap-sikap malas, curang dan lainnya. Hal-hal itu akan membuat lingkungan masyarakat menjadi kacau bahkan tingakat kriminalitas akan bertambah.

Memang untuk menumbuhkan sikap egalitarianisme demi profesionalisme tidaklah mudah, tapi apa salahnya jika kita mencoba. Karena egalitarianisme itu sendiri adalah hal yang positif dalam menjalin hubungan antar sesama makhluk sang Pencipta. 


Category Article

What's on Your Mind...

Pilih "Anonymous" jika tidak mempunyai akun.